Anda tertarik? Kami Grosimart.com akan dengan senang hati membantu anda.
Beranda » » Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker

Ditulis pada: 15 January 2015 | Kategori:

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa kanker memiliki akibat yang lebih buruk daripada tumor. Hal ini terjadi karena kanker tumbuh lebih cepat, sifatnya ganas, merusak jaringan dan organ di sekitarnya, dan sering kali menimbulkan kematian. Oleh karena itu para ahli kesehatan terus mencari informasi penyebab terjadinya kanker.

Setiap penyakit dapat dilacak penyebab dan bagaimana proses itu terjadi. Penyakit yang berkembang saat ini tidak muncul secara tiba-tiba. Begitu pula kanker. Penyakit ini dapat dilacak penyebabnya. Pengungkapan informasi mengenai kanker dapat dijadikan acuan untuk pengobatan, bahkan pencegahan.

Sampai saat ini, penyebab munculnya kanker masih menjadi perdebatan. Belum ada kepastian zat apa yang benar-benar meyakinkan bahwa itu menimbulkan kanker. Hal ini dikarenakan kanker tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan terbentuk dari proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama. Meskipun demikian, beberapa bukti menunjukkan bahwa kanker terbentuk karena pengaruh dua faktor, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar tubuh.

Penyebab kanker karena faktor dari dalam tubuh

Kanker dapat terjadi karena pengaruh dari dalam tubuh sendiri. Faktor yang sangat menentukan terjadinya kanker dari dalam tubuh telah terbukti kebenarannya sangat ilmiah. Faktor tersebut adalah hormon dan psikologis (kejiwaan).

Penyakit kanker yang disebabkan karena adanya perubahan jumlah hormon, misalnya adalah kanker payudara. Hormon yang berkaitan erat dengan kanker payudara adalah hormon estrogen. Hormon estrogen adalah hormon yang dimiliki oleh kaum wanita dan diproduksi oleh indung telur. Jumlah hormon ini dapat mengalami fluktuasi sehingga dapat naik cukup tinggi atau menurun pada saat tertentu. Estrogen dipengaruhi oleh usia produktif. Pada saat usia produktif, indung telur selalu menghasilkan estrogen, tetapi saat berhenti haid, produksi estrogen mulai menurun. Estrogen memiliki fungsi positif, yaitu menghambat pengeroposan tulang (osteoporosis), namun bila jumlahnya berlebihan, ia dapat menyebabkan gangguan pada payudara dan kandungan. Estrogen merangsang sel-sel payudara untuk berkembang dan membelah diri. Wanita yang mengalami haid pertama yang lebih cepat dan berhenti haid terlambat daripada wanita seusianya memiliki resiko terkena kanker payudara lebih besar.

Selain hormon, kondisi psikologis juga memicu munculnya kanker. Seseorang yang mengalami stres akan menyebabkan tingkat kekebalan tubuh yang menurun. Kekebalan tubuh yang menurun akan mempermudah masuknya segala macam penyakit.

Faktor penyebab kanker dari luar tubuh

Masyarakat secara umum lebih mempercayai bahwa kanker yang terjadi di dalam tubuh manusia disebabkan oleh pengaruh faktor dari luar tubuh. Hal ini didukung oleh jumlah penderita kanker yang terus bertambah seiring kemajuan zaman. Perbedaan jumlah penderita di zaman sekarang ini sangat mencolok bila dibandingkan dengan zaman ketika manusia hidup dengan mengkonsumsi makanan alami. Zaman dahulu jarang sekali ditemukan penyakit kanker.

Faktor dari luar yang disinyalir menjadi pencetus terjadinya kanker antara lain:

a. Bahan Kimia

Bahan kimia dapat menyebabkan mutasi gen dan menimbulkan kanker. Beberapa bahan kimia seperti asbes, bahan kimia pada dry cleaning, dan rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru.

b. Makanan dengan pewarna kimia tertentu.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak beredar makanan yang memiliki warna sangat menyolok. Makanan dengan warna yang menyolok seringkali menggunakan pewarna yang tidak seharusnya, misalnya pewarna kain. Ini bisa menimbulkan pusing atau pingsan. Usus yang terkena makanan dengan bahan pewarna kain dapat terkena penyakit kanker usus.

c. Makanan dengan bahan pengawet

Beberapa bahan makanan yang diawetkan dapat menimbulkan kanker. Bahan pengawet yang bukan diperuntukkan untuk mengawetkan makanan, misalnya formalin, dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus.

d. Makanan yang diasapi dan dibakar

Makan, terutama daging yang dibakar di atas bara api yang sangat panas menyebabkan munculnya senyawa kimia yang dapat memicu kanker perut, contohnya sate, steak. Lemak pada daging akan menetes ke api dan bercampur dengan asap, yang kemudian menempel lagi pada daging yang dibakar. Bagian daging yang sedang dibakar dan disinyalir sebagai biang munculnya kanker perut adalah bagian daging yang gosong menjadi arang.

e. Penyedap makanan

Penyedap masakan yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dan dipanaskan dalam suhu tinggi dapat menyebabkan kanker (bersifat karsinogenik).

f. Makanan berlemak tinggi

Beberapa kanker (misalnya kanker usus) disebabkan oleh konsumsi lemak yang berlebihan. Konsumsi makanan dengan tinggi lemak dan rendah serat dapat memperberat kerja usus.

g. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi

Gula yang berlebihan dapat menurunkan sistem imunitas tubuh dan memicu peningkatan radikal bebas di dalam tubuh. Ketidakseimbangan antara menurunnya sistem imunitas tubuh dan peningkatan radikan bebas inilah yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa kanker yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi antara lain kanker payudara, ovarium, prostat, dan rektum.

Penelitian terhadap bahan-bahan makanan yang diduga menyebabkan kanker terus dilakukan untuk mengungkap kebenarannya, dan seberapa cepat menimbulkan kanker. Makanan yang tidak sehat dicurigai sebagai pemicu kanker dan memberikan efek negatif dalam jangka panjang. Sayangnya, karena efek kanker yang tidak segera muncul, masyarakat menjadi kurang perduli dan menganggap makanan-makanan tersebut tidak berbahaya.

smoking and cancer causes

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker | Grosimart.com

Tags: kesehatan

Belum ada Komentar untuk Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker

Silahkan tulis komentar Anda

Berita dan Informasi Menarik Terbaru

Ide menarik desain meja antik untuk ruang tamu modern

Ditulis pada: 8 February 2016

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bermacam-macam ide tentang meja kopi, atau sering disebut sebagai meja ruang tamu. Berikut berbagai ide desain menarik yang bisa menjadi pilihan untuk ditempatkan di ruang tamu rumah anda. Mungkin semua orang sudah... Baca selengkapnya »

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker

Ditulis pada: 15 January 2015

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa kanker memiliki akibat yang lebih buruk daripada tumor. Hal ini terjadi karena kanker tumbuh lebih cepat, sifatnya ganas, merusak jaringan dan organ di sekitarnya, dan sering kali menimbulkan kematian. Oleh karena itu para... Baca selengkapnya »

Bagaimanakah terbentuknya Tumor dan Kanker?

Ditulis pada: 14 January 2015

Tumor dan kanker terbentuk karena pertumbuhan sel yang abnormal. Saat organ tubuh dalam kondisi sehat, sel akan tumbuh secara normal. Akan tetapi, pada orang yang memiliki tumor atau kanker, pertumbuhan sel menjadi tidak normal atau tidak terkendali. Akibatnya, muncul benjolan... Baca selengkapnya »

Apakah perbedaan tumor dan kanker?

Ditulis pada: 13 January 2015

Tumor berasal dari bahasa latin, Tumere, yang artinya bengkak atau benjol. Namun, pengertian tumor lebih lengkap adalah pertumbuhan sel atau jaringan tubuh yang tidak terkendali dan berjalan terus menerus tanpa memiliki manfaat fisiologis bagi tubuh. Berdasarkan tipenya, tumor dibagi menjadi... Baca selengkapnya »

Cara memilih BB cream yang cocok untuk kulit berminyak, kulit kering, kulit kusam, dan kulit berjerawat

Ditulis pada: 7 January 2015

BB cream merupakan produk yang telah dikenal secara luas oleh semua wanita. Kebanyakan para wanita mengenal BB cream berasal dari Korea, karena memang awalnya produk ini populer di kalangan masyarakat Korea. Sehingga tidak heran jika BB cream juga sering disebut... Baca selengkapnya »